Tentang Rayap

Rayap merupakan mahluk prasejarah yang salah satu fungsinya adalah sebagai decomposer (pengurai) kayu di ekosistem. Tanpa kehadiran mereka, bumi ini mungkin akan penuh oleh sampah kayu yang membusuk.

Kehadiran rayap di bangunan kita adalah sebagai konsekuensi dari pembukaan lahan, yang dimana awalnya adalah habitat koloni untuk mencari makan dirubah menjadi bangunan yang berakibat hilangnya sumber makanan bagi rayap. Karena koloni rayap berada dibawah bangunan kita, maka bangunan kita yang dijadikan sumber makanan mereka !

Fakta tentang rayap :

1. Laron terbang berkelompok lalu keluar dari sarang mendekati cahaya biasanya ini terjadi pada saat pertama kali musim hujan datang

2. 30 ribu telur  atau bisa lebih dari itu bisa dihasilkan oleh seekor Ratu rayap hanya dalam jangka waktu sehari.

3. Dari lumpur biasanya Rayap membangun sarangnya lalu dibentuk hampir serupa dengan gundukan tanah yang tinggi dan besar dengan banyak ruangan di dalamnya.

4. Raja dan Ratu rayap bentuk tubuh nya besar. Ratu rayap lebih besar dari raja rayap yaitu panjang 11 cm, sementara raja rayap panjangnya hanya 2 cm. Sedangkan rayap prajurit yang bertugas untuk menjaga ratu hanya 1 cm panjangnya.

5. Walaupun ukuran nya kecil, koloni rayap bisa menghancurkan sebuah gedung

6. kehidupan Rayap berkelompok dengan jumlah anggota dapat mencapai 10 juta ekor rayap

7. Rayap paling suka menggerogoti kayu sampai keropos dan hanya menyisakan kulit kayunya saja.

8. Rayap dewasa atau rayap bersayap sering disebut sebagai Laron atau Anai-anai.

Obat Rayap memang sangat ampuh dalam mengatasi rayap atau memusnahkan sekelompok rayap yang suka memakan bahan bangunan yang kita memiliki. Rayap menjadi hal yang menakutkan bagi para pemilik bangunan, karena bila rayap tersebut sudah mengerogoti bangunan maka bangunan tersebut akan rusak. Jasa anti rayap biasa nya memusnahkan rayap dengan menggunakan obat pembasmi rayap.

Leave a comment